—
Yamaha Mengadakan sistem transmisi otomatis terbaru mereka, yang disebut Yamaha Automated Manual Transmission (Y-AMT). Keahlian ini memungkinkan pengendara memindahkan gigi secara cepat tanpa menggunakan tuas kopling manual seperti Di Kendaraan Bermotor Roda Dua konvensional. Proses pergantian gigi Di Y-AMT dilakukan hanya Di menekan tombol.
Yamaha mengklaim proses mengganti gigi Di Y-AMT lebih cepat dan presisi daripada quickshifter terbaru Di ini.
Menurut penjelasan Yamaha, sistem Y-AMT menawarkan dua Tren operasional, yakni manual (MT), Di mana pengendara mengontrol perpindahan gigi menggunakan jari dan Tren otomatis (AT) yang mencakup dua pilihan pengaturan.
Y-AMT diklaim perusahaan memungkinkan biker fokus sepenuhnya menikmati Prestasi sport Kendaraan Bermotor Roda Dua Lantaran perpindahan gigi linear, konsisten dan halus.
User transmisi Y-AMT dapat menikmati perpindahan gigi yang cepat dan presisi hanya Di menggunakan ujung jari, tanpa memerlukan tuas kopling manual.
Perpindahan gigi dioperasikan Di jari telunjuk dan ibu jari Melewati dua tuas: tuas “+” Untuk menaikkan gigi dan tuas “-” Untuk menurunkannya.
Yamaha juga menawarkan cara praktis lainnya, Di mana tuas “+” dapat ditarik Untuk menaikkan gigi dan didorong Untuk menurunkannya, hanya menggunakan jari telunjuk. Metode ini memungkinkan pengendara Untuk tetap mempertahankan ibu jari Di setang, Memberi pegangan yang lebih kuat Di berkendara Di Kelajuan tinggi.
Di Tren otomatis (AT), pengendara dapat memilih Di dua Inisiatif yang tersedia dan dapat diubah kapan saja Melewati tombol Tren.
Inisiatif “D+ Tren” Memberi perpindahan gigi yang lebih Gayaatletis, Di perubahan gigi terjadi Di putaran mesin yang lebih tinggi Untuk menjaga sensasi berkendara dinamis, sambil tetap mempertahankan Kepentingan transmisi otomatis penuh.
Dilansir Motorcycle.com, Y-AMT bukanlah upaya pertama Yamaha Di Membuat sistem perpindahan gigi otomatis. Sebelumnya Itu, Yamaha telah Mengadakan Keahlian Yamaha Chip Controlled Shift (YCC-S) Di model FJR1300, yang menggunakan sistem hidrolik Untuk mengoperasikan kopling.
Di Y-AMT, Yamaha menggunakan dua aktuator elektrik: satu Untuk mengontrol kopling dan satu lagi Untuk mengubah posisi gigi. Yamaha menjelaskan bahwa komponen Y-AMT Memiliki bobot 2,8 kg dan dapat dipasang tanpa menambah lebar mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua. Kopling dan gearbox yang digunakan Di Y-AMT adalah komponen yang sama seperti Di transmisi manual konvensional.
Transmisi Mutakhir Yamaha Automated Manual Transmission (Y-AMT) terdiri Di dua operasional yang bisa dipilih, yakni manual (MT) Di oper gigi dikendalikan jari dan otomatis (AT) yang terdiri Di dua Tren. (Yamaha)
|
Beberapa produsen telah Mengadakan sistem serupa Di pendekatan yang berbeda. Dua merek Eropa, misalnya, memperkenalkannya pertama kali Di Kendaraan Bermotor Roda Dua Ekspedisi seperti BMW R 1300 GS dan GS Adventure, serta prototipe yang dikembangkan KTM yang diperkirakan Akansegera digunakan Di 1390 Super Adventure.
Yamaha Memutuskan pendekatan yang serupa Di Honda, yang Sebelumnya Itu Mengadakan Keahlian ini Di model sport aspal. Honda memasang E-Clutch Di CBR650R dan CB650R.
Sambil Itu, Yamaha Menunjukkan bahwa Keahlian Y-AMT kemungkinan Akansegera dipasang pertama kali Di MT-09, berdasarkan ilustrasi setang dan sakelar yang mereka tunjukkan Di pengenalan.
Berbeda Di Yamaha, KTM dan Honda tetap mempertahankan tuas kopling dan pemindah gigi kaki Di model otomatis mereka. Yamaha mengikuti langkah BMW Di menghilangkan kontrol kopling atau pemindah gigi tradisional.
Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Kendaraan Bermotor Roda Dua Yamaha Bakal Pakai Transmisi Mutakhir, Ganti Gigi Hanya Pakai Jari