Disrupsi digital Ke era revolusi 4.0 membuat keberadaan Tv Didalam sisi penetrasi menurun. Foto: Sindonews/Wiwie Heryani
Ketua Penyiaran Digibroadcast dan Media Mastel, Neil R. Tobing, mengungkapkan bahwa penurunan penetrasi dan indeks belanja iklan Tv menjadi indikator utama masalah ini. “Indeks belanja iklan Tv mencapai puncaknya Ke 2019, Tetapi akibat Covid terjadi kontraksi. Lalu ASO yang Bisa Jadi timing-nya kurang tepat membuat industri ini terjerumus lebih Untuk,” ujarnya.
Untuk FGD tersebut, Ketua Penyiaran Digibroadcast dan Media Mastel, Neil R. Tobing mengatakan, pihaknya Di ini menjadikan masalah kondusifitas dunia penyiaran tersebut sebagai salah satu fokus utama Didalam 10 Inisiatif strategis yang mereka susun.
“Karena Itu hari ini kepengurusan Mastel, Sebagai tiga tahun Di Didepan sudah dilantik. Salah satu fokus Didalam 10 Inisiatif strategis Mastel itu adalah bagaimana menciptakan kondusifitas terutama lingkungan yang baik kepada industri penyiaran agar tetap bisa bersaing, dan tentunya agar kita bisa hidup sepuluh, dua puluh, tiga puluh tahun Di Didepan,” ujar Neil, Di diwawancara Ke sela-sela Kegiatan.
Salah satu media penyiaran yang menurutnya sudah mulai tidak kondusif eksistensinya yakni adalah media Tv.
Salah satu pemicunya yakni Wabah Internasional Covid-19 yang sempat Menyapu beberapa waktu lalu, dan ditambah Didalam penerapan Analogue switch-off (ASO) yang timingnya dinilai kurang tepat.
“Sebab disrupsi digital yang luar biasa, Ke era revolusi 4.0, memang keberadaan Tv kalau kita lihat Didalam berbagai Eksperimen memang Didalam sisi penetrasi menurun. Apalagi Didalam sisi indeks,” ungkapnya.
“Indeks Didalam Tv belanja iklan itu mencapai puncaknya 2019, akibat Covid terjadi kontraksi. Kemudia ASO yang Bisa Jadi timing-nya kurang tepat membuat industri ini terjerumus lebih Untuk,” sambungnya.
Sebab itu, Neil berharap, Lewat FGD yang diselenggarakan Mastel kali ini bisa melahirkan sejumlah solusi, salah satu yang terpenting agar industri penyiarang bisa mulai mengidentifikasi sederet tantangan yang ada Ke Didepan mata.
“Nah diskusi hari ini adalah Sebagai mencari solusi, tentunya pertama mengidentifikasi tantangan-tantangan, masalah-masalah apa yang dihadapi Didalam industri penyiaran, baik Didalam sisi regulasi maupun Didalam sisi Usaha modal,” bebernya.
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Mastel Soroti Tantangan Industri Penyiaran Ke Era Digital dan Usulkan Solusi Inovatif