Jakarta –
Layanan cloud Microsoft sempat down dan membuat beberapa layanan, termasuk Ke bandara Merasakan gangguan. Bandara Ke Indonesia pun juga Merasakan, layanan check in maskapai terganggu.
Dikutip Di detikfinance, Sabtu (20/7/2024) Kemenhub mengabarkan bahwa sistem penerbangan, termasuk layanan check-in telah beroperasi normal usai sempat terdampak gangguan sistem Internasional Microsoft Windows, Di Jumat (19/7/2024).
Hal ini disampaikan Bersama Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni. Pihaknya telah mencermati adanya pemberitaan beberapa bandara Ke luar negeri yang Merasakan gangguan sistem Keahlian informasi (IT) Internasional, seperti bandara Amerika Serikat, Belanda, Singapura, Malaysia, dan lain-lain.
Ke Indonesia, gangguan tersebut terjadi Ke sistem check-in beberapa maskapai, seperti Citilink, Scoot Airlines, AirAsia, dan Indigo. Hal ini mengingat sistem tersebut terhubung Bersama provider sistem secara Internasional.
“Hari ini 20 Juli 2024 Sistem Navatier yang digunakan Sebagai pelayanan check-in tersebut telah kembali normal. Proses operasional pelayanan check in Dari flight pertama baik Citilink maupun Air Asia sudah menggunakan sistem dan berjalan lancar,” kata Maria Di keterangan tertulis, Sabtu (20/7/2024).
Dia menambahkan PT Angkasa Pura Indonesia (PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II), serta Airnav Indonesia tetap menjalankan operasional penerbangan Bersama normal dan tidak terdapat gangguan.
Di terjadi gangguan sistem IT diantisipasi Bersama melakukan pelayanan check-in secara manual, membuka lebih banyak check-in counter serta mengimbau agar para penumpang berangkat lebih awal.
Kemenhub terus Meninjau perkembangan masalah tersebut dan melakukan antisipasi serta mitigasi, termasuk memastikan penanganan penumpang Bersama member kompensasi keterlambatan (delay management).
Imbas gangguan Microsoft
Mengutip CNBC, Microsoft Berkata layanan cloud mereka sudah mulai pulih. Akar permasalahannya adalah sistem Keselamatan siber CrowdStrike.
Pembaruan Di software Keselamatan milik CrowdStrike bermasalah Supaya menyebabkan sistem Yang Terkait Bersama down. CrowdStrike kini mengubah kembali softwarenya Ke Di Kepuasan Sebelumnya update (rollback). Permasalahan Ke CrowdStrike juga menimbulkan permasalahan Ke layanan Microsoft 365, termasuk Teams.
Layanan cloud Microsoft yang down memaksa beberapa maskapai penerbangan Ke Amerika Serikat Sebagai membatalkan beberapa perjalanan. Menurut badan pengelola penerbangan AS (FAA), Delta, United, dan American Airlines membatalkan seluruh penerbangan Sebab permasalahan komunikasi.
Bandara Schiphol Ke Amsterdam juga melaporkan permasalahan sistem IT, begitu juga airport Ke Eindhoven. Permasalahan Mesin juga terjadi Ke Fasilitas Medis Ke Belanda.
“Di ini terjadi kegagalan Mesin secara Internasional. Gangguan ini juga berdampak Di penerbangan Di dan Ke Schiphol. Dampaknya kini Lagi dipetakan,” demikian pernyataan pihak bandara.
Kekacauan juga terjadi Ke Bandara Changi. Antrean panjang mengular, semua penumpang dicek manual. Dilansir Di Channel News Asia Di Sabtu (20/7), duta layanan Bandara Changi bergerak Di sistem microsofot Merasakan kegagalan. Mereka membagikan Makanan ringan dan air kemasan Di penumpang yang telah mengantri Ke konter check-in.
Seorang duta layanan mengatakan kepada CNA bahwa mesin check-in mandiri tidak berfungsi, dan menambahkan bahwa check-in harus dilakukan Ke konter.
Di postingan Facebooknya, Bandara Changi menyebutkan bahwa proses check-in beberapa maskapai penerbangan dikelola secara manual. Staf darat Bandara Changi Memberi Pemberian kepada penumpang, terutama mereka yang Akansegera berangkat. Mereka juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.
Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Microsoft Down Bikin Bandara Kacau, Kemenhub Pastikan Semua Sudah Normal