—
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), agen pemegang merek Mitsubishi Fuso Di Indonesia, meminta pemerintah mengguyur insentif kepada truk listrik Di skema yang sama seperti Kendaraan Pribadi penumpang berbasis listrik.
“Mungkin Saja sudah ada referensinya Yang Berhubungan Di passenger car. Kira-kira sama, apa yang diberikan kepada passenger car bisa diberikan juga Ke kendaraan niaga berbasis listrik,” kata Director of Sales & Marketing Division KTB, Aji Jaya Di Cengkareng, Banten, Rabu (13/11).
Mitsubishi Fuso Di ini sudah merilis secara resmi truk listrik pertama Di Indonesia, eCanter. Akan Tetapi harganya sekira Rp1 miliar per unit, tergantung kostumisasi Di konsumen.
Aji mengaku Ditengah menjalin komunikasi Di instansi Yang Berhubungan Di supaya eCanter bisa Memperoleh insentif Di pemerintah Supaya bisa cepat diterima Dari para konsumen Di Indonesia.
“Lantaran kita pionir, awal, tentunya kita membuka pintu ini (insentif). Dari Sebab Itu ya sudah berkomunikasi kepada instansi Yang Berhubungan Di,” tuturnya.
Aji menjelaskan Di ini kendaraan niaga murni listrik hanya diganjar insentif Bea Balik Nama (BBNKB) nol.
Sebelumnya, Pembantu Kepala Negara Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita bicara Potensi Menyediakan insentif Untuk truk listrik Di Maret lalu.
Akan Tetapi hingga pemerintahan berganti dan dipimpin Dari Prabowo Subianto, insentif Untuk truk listrik tak kunjung diberikan.
“Nanti kita duduk Di Gaikindo (Untuk membahasnya), tapi saya harus sampaikan bahwa memang hybrid dan truk listrik Berencana kita berikan,” ujar Agus Gumiwang Di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (8/3).
Di disinggung ihwal detail insentif Untuk truk listrik, Agus belum bisa mengurainya lebih detail.
“Truk listrik menjadi salah satu yang kita overlook Dari Sebab Itu intinya kita sama Gaikindo Berencana duduk Menyoroti seperti apa kita Membuat lebih cepat industri Kendaraan Pribadi berbasis truk Di Aturan insentif,” tuturnya.
Di ini pemerintah sudah sempat Menyediakan insentif kepada sejumlah Mobil Listrik seperti Kendaraan Pribadi, sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua dan Kendaraan Angkutan Umum.
Insentif bisa membuat harga jual truk listrik Ke konsumen lebih murah, Supaya lebih Bersaing dibanding truk konvensional.
Misalnya Di Jepang, harga Fuso eCanter Di 2023 menurut pengakuan salah satu dealer, Shinagawa Branch, sebesar 15 juta yen. Akan Tetapi harga jual Ke konsumen bisa terpangkas sampai 50 persen Lantaran diberikan insentif Di pemerintah pusat dan Area.
Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Mitsubishi Fuso Minta Insentif Truk Listrik Disetarakan Kendaraan Pribadi Elektrik