Lukisan-lukisan dan patung yang digelar Hingga CG artspace, Jakarta Selatan sampai akhir Juli 2024, ini memanggungkan narasi detil impresi kesunyian Untuk keramaian. Foto-foto: Istimewa
Esais Karyaseni rupa
SENIMAN Indonesia yang hidup dan berkarya Hingga Perancis Di puluhan tahun membawa Dari-Dari pameran solo tentang melankoli Eropa abad IX. Ia memanggungkan sejarah keterasingan dirinya sendiri Untuk pengembaraan pun imajinasi kesepian orang-orang modern.
baca juga: AI Ungkap Misteri Lukisan Terkenal Madonna della Rosa
Lukisan-lukisan dan patung yang digelar Hingga CG artspace, Jakarta Selatan sampai akhir Juli ini, memanggungkan narasi detil impresi kesunyian Untuk keramaian. Tentang idealisasi manusia-manusia yang Hingga paruh waktunya, Hingga luar jam kerja kegilaan abad 21 Didalam melongok romantisme lapuk tentang manusia dan lansekap jiwanya Hingga Paris dan kota-kota lain, seperti Lyon dan sekelilingnya.
Nurhidayat Didalam jenial membayangkan dirinya dan lukisannya sebagai mesin waktu, “memotret” sejarah Didalam mewakilkan Situasi waktu luang keluyuran orang-orang Hingga Ditengah kota sampai sejenuh-jenuhnya Hingga masa lalu Eropa. Ia gambarkan secara apik Untuk lukisan-lukisan serta patungnya Didalam bauran warna-warni ilustratif bergaya pop, serta sesekali drawing hitam-putih yang memikat.
Seniman ini membawa ironi kehidupan urban, teks-teks visual yang ramai Hingga Lukisan, sosok-sosok manusia enigmatik, serta citra kostum aneh seperti astronot yang dimaknai sebagai dirinya sendiri. Seperti Hingga karya yang bisa disaksikan Ke Exil #3, 2024, Drawing on canvas, 80 x 65 cm atau Hingga karya Exil #2, 2024, Acrylic on canvas, 90 x 80 cm.
Seperti katanya Untuk wawancara “saya mengidentifikasi diri saya sendiri sebagai eksil, yang membeda Hingga Perancis, ada tegangan keberbedaan ras dan gegar-Kebiasaan Global yang saya alami”.
Nurhidayat mengaku bahwa Permintaan intelektual Untuk berkarya, menjadi serasa terasing Pada sama amunisi artistiknya makin membludak. “Simbol-simbol itu melekat Ke saya Di Hingga Perancis, setidaknya itu anggapan Untuk diri saya sendiri,” tegasnya.
Tajuk utama Pameran solonya, Flaneur yang artinya keluyuran atau “menggelandang tak tentu arah” Hingga Ditengah kota, Menyaksikan orang-orang serta diamati –to seen and to be seen— adalah sebentuk ikhtiar Nurhidayat menyelami hakekatnya sebagai pengembara.
Terutama sebagai perantau—atau bisa dikatakan juga Flaneur ala Nurhidayat—Didalam kegigihan perjuangan totalnya menghidupi keluarganya, serta eksistensinya sebagai seniman Hingga Perancis. Kita bisa Menyaksikan Hingga karya, misalnya Ke judul Flanerie #1, 2024, Acrylic on canvas, 100 x 90 cm atau Flanerie #3, 2024, Drawing on canvas, 110 x 90 cm.
“Saya memulai kerja setiap hari, Didalam jam 9 pagi sampai jam 9 malam non-stop Hingga studio, yang benar-benar upaya serius Berusaha Mengatasi persaingan para seniman sepenjuru Eropa, melobi para art lover dan pemilik galeri Untuk bisa berpameran, serta diakui Hingga ajang Biennale. Sisanya, memaknai pengembaraan fisik dan imajinasi tentang kota-kota, sebab saya tinggal Hingga area beberapa kilometer Didalam kota Lyon, Perancis” ujarnya.
Narasi Pop Art ala Perancis
Untuk Kurator Heru Hikayat, yang menemani Nurhidayat Untuk pameran solonya ini menyebut Nurhidayat sebagai seniman Tanah air, yang berhasil mencatat partisipasinya Hingga ajang bergengsi Biennale d’Issy dan tampil Hingga Galerie Marcel Strouk yang sohor itu.
Komentarnya sebagai sahabat lama sekaligus kurator tentang Nurhidayat adalah praktik artistiknya sebagai seniman yang mewarisi generasi Figuratif-Naratif Hingga Perancis. “Ia mewakili Asia dan Indonesia, Nurhidayat Didalam metode artistiknya Didalam cara Menyaksikan, menelisik, mencerap, memahami, lingkungan dan kebudayaan Terbaru tempat Nurhidayat hidup sekarang,” ujarnya Hingga tajuk kuratorial.
Ketika Amerika Serikat, sebagai pendulum utama menggoyang magnet Karyaseni rupa Barat paska Pertempuran dunia Hingga- II dan hadirnya gerakan pop art yang mengkritisi kehidupan urban, Pada sama era post-imprisionisme Eropa Hingga akhir abad dan awal abad Hingga-20 berakhir. Demikian juga manifesto Surealisme memudar dan merangseknya gaya abstrak, maka serta-merta kehadiran spirit pop-art mengemuka menggedor jantung Eropa.
Gerakan Figuratif-Naratif Didalam cepat menggejala Didalam isyarat warna-warna mencolok bak poster, bill-board, cover majalah Life Style, serta hiruk-pikuk sebagian kelas menengah-atas Eropa sebagai borjuisme anyar. Trend Populer itu meruyak Didalam mitos-mitos benda-benda konsumen yang diberhalakan, dan tentu saja Nurhidayat mau tak mau terinspirasi.
baca juga: Geger Penampakan ‘Kasut Nike’ Untuk Lukisan Berusia 400 tahun
Tegangan masa-masa penuh kenangan Hingga masa lalu Eropa, melankolinya sebagai perantau yang terasing, ingatannya Ke Tanah Air serta perasaan keriuhan Ke abad Hingga-21 berefleksi Untuk sosok-sosok patung dan figur-figur lukisan lelaki dandy Hingga karya-karyanya, seperti Hingga karya berjuluk Flanerie #4, 2024, Acrylic on canvas, 110 x 100 cm.
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pengembaraan Tak Pernah Usai Seniman Nurhidayat