Pertama Kalinya! RI Produksi Insulin Lokal Halal, Bisa Pakai BPJS


Jakarta

Indonesia akhirnya mampu memproduksi insulin Sebagai diabetes pertama berbahan lokal. Walhasil, bisa diakses Bersama harga 30 sampai 50 persen lebih murah ketimbang produksi Pembelian Barang Untuk Luar Negeri.

PT Kalbe Farma menyebut insulin ‘Ezelin’ juga sudah mengantongi cara pembuatan Terapi yang baik (CPOB) Untuk Badan Pengawas Terapi dan Minuman (BPOM RI). Hasil uji klinis diklaim mendekati 100 persen.

Direktur PT Kalbe Farma Tbk Mulia Lie memastikan insulin produksi lokal mereka juga masuk Untuk formularium nasional (fornas), Agar memungkinkan Sebagai ditanggung jaminan Kesejajaran nasional (JKN) BPJS Kesejajaran.


“Ini pertama Ke Indonesia yang produksi Bersama tingkat kandungan Untuk negeri sebanyak hampir 50 persen,” bebernya Untuk konferensi pers Sabtu (24/8/2024).

“Kami sudah memasukkannya Hingga Untuk formulasi nasional, Agar bisa digunakan Dari BPJS,” lanjut Mulia.

Sertifikasi Halal

Pertimbangan lain Untuk produksi insulin lokal juga berkaitan Bersama sertifikasi halal. Mengingat, mayoritas warga Bangsa Indonesia beragama muslim.

“Agar produk itu bisa memenuhi kebutuhan Untuk pasien Penyakit diabetes dan juga aman digunakan Lantaran halal,” kata Mulia.

Adapun uji klinis Sebelumnya Itu dilakukan Ke Indonesia Bersama sejumlah farmakolog lokal, termasuk keterlibatan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

“Indonesia Memperoleh banyak anak bangsa yang pintar dan berkualitas. Yang dibutuhkan sekarang adalah mental Sebagai memproduksi sendiri atau tetap bergantung Ke Pembelian Barang Untuk Luar Negeri,” tandas Mulia.

Berdasarkan data survei Kesejajaran indonesia (SKI) 2023 prevalensi Tindak Kejahatan diabetes berada Ke 11,7 persen. Analisis Bersama Detail Kementerian Kesejajaran RI Ke kelompok usia lebih Untuk 15 tahun Menunjukkan proporsi Tindak Kejahatan diabetes paling banyak ditemukan Ke DKI Jakarta yakni sebanyak 3,9 persen. Sambil Sebagai rata-rata nasional berada Ke 2,2 persen.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Pertama Kalinya! RI Produksi Insulin Lokal Halal, Bisa Pakai BPJS