Perkuat Toleransi, Kemenag Luncurkan Sekber Moderasi

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Suyitno Berpartisipasi Di peluncuran Sekber dan Inisiatif Pemantauan Implementasi Moderasi Beragama (API-MB) yang digelar Di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, 3-5 Oktober 2024. Foto: Ist

JAKARTA – Percepat implementasi penguatan moderasi beragama sesuai amanat Perpres Nomor 58 Tahun 2023, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) Memperkenalkan Sekretariat Bersama (Sekber) dan Inisiatif Pemantauan Implementasi Moderasi Beragama (API-MB). Peluncuran Sekber diselenggarakan Di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, 3-5 Oktober 2024.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Suyitno mengatakan, pembentukan Sekretariat Bersama dan Inisiatif pemantauan merupakan langkah strategis Di mewujudkan moderasi beragama yang inklusif Di seluruh kementerian/lembaga.

“Kehadiran Sekber ini penting Bagi mengkoordinasikan pelaksanaan penguatan moderasi beragama yang melibatkan 19 kementerian dan lembaga sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” ungkapnya, Jumat (4/10/2024).

Pembentukan Sekber ini berlandaskan Perpres Nomor 58 Tahun 2023 yang secara spesifik mengatur penguatan moderasi beragama sebagai upaya nasional. Di Di Itu, landasan hukum lainnya adalah Peraturan Pembantu Presiden Tim Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2024 yang mengatur tata cara koordinasi, pemantauan, evaluasi, serta pelaporan Inisiatif penguatan moderasi beragama.

Menurut Suyitno, setiap kementerian, lembaga, serta pemerintah Lokasi telah diberikan mandat Bagi melaksanakan Inisiatif ini sesuai peran masing-masing. “Kami ingin memastikan bahwa pelaksanaan ini dipantau secara berkala Lewat platform terbuka yang mudah diakses dan sederhana,” katanya.

Peluncuran ini bertujuan menyosialisasikan instrumen pemantauan dan evaluasi capaian Inisiatif penguatan moderasi beragama Di kementerian/lembaga. Kegiatan ini juga diharapkan memperkuat sinergi antarpemangku kepentingan Di menyusun Wacana Inisiatif dan menyelaraskan mekanisme pelaporan pelaksanaan Inisiatif.

Beberapa output penting yang diharapkan Di kegiatan ini adalah tersusunnya instrumen pemantauan dan evaluasi yang efektif serta Wacana Inisiatif yang selaras Di Keputusan penguatan moderasi beragama.

Peluncuran juga diisi sesi diskusi yang Menampilkan narasumber Kunci Deputi Peningkatan Mutu Belajar dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito, Regu Ahli Penguatan Moderasi Beragama Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid, Deputi V Kantor Staf Kepala Negara Rumadi Ahmad, Plh Dirjen Polpum Kementerian Di Negeri Togap Simangunsong.

Diskusi ini Merundingkan strategi pelaksanaan penguatan moderasi beragama, termasuk paparan mengenai Inisiatif nasional sesuai Di Perpres Nomor 58 Tahun 2023, serta perumusan tata kerja Regu pengarah dan pelaksana Sekber.

Di upaya mencapai output yang diinginkan, beberapa strategi Kunci telah disusun Di lain paparan mengenai Inisiatif nasional penguatan moderasi beragama, perumusan tata kerja Sekber, dan rancangan tindak lanjut Bagi koordinasi, pemantauan, evaluasi, serta pelaporan Inisiatif.

Dia menegaskan pentingnya kolaborasi seluruh pemangku kepentingan. “Penguatan moderasi beragama merupakan tanggung jawab bersama Di rangka mewujudkan kehidupan beragama yang damai dan harmonis Di Indonesia. Upaya ini harus diwujudkan Lewat Perancangan yang matang dan terkoordinasi,” katanya.

(jon)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Perkuat Toleransi, Kemenag Luncurkan Sekber Moderasi