—
Yamaha Mengintroduksi sistem transmisi otomatis Mutakhir yaitu, Yamaha Automated Manual Transmission (Y-AMT), yang memungkinkan perpindahan gigi cepat tanpa perlu tuas kopling manual seperti Kendaraan Bermotor Roda Dua Ke umumnya. Cara oper gigi Ke Y-AMT diubah menjadi pencet tombol.
Yamaha mengklaim proses mengganti gigi Ke Y-AMT lebih cepat dan presisi daripada quickshifter terbaru Pada ini.
Berdasarkan penjelasan Yamaha, Y-AMT terdiri Bersama dua operasional yang bisa dipilih, yakni manual (MT) Bersama oper gigi dikendalikan jari dan otomatis (AT) yang terdiri Bersama dua Gaya.
Y-AMT dikatakan memungkinkan biker fokus sepenuhnya menikmati Prestasi sport Kendaraan Bermotor Roda Dua Lantaran perpindahan gigi linear, konsisten dan halus.
Pemakai dapat menikmati perpindahan gigi secara cepat dan presisi hanya memakai ujung jari tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling manual. Perpindahan gigi dikendalikan jari telunjuk dan ibu jari Lewat dua tuas pemindah, tuas plus Sebagai memindahkan gigi Ke atas dan tuas minus Sebagai Ke bawah.
Yamaha juga menjelaskan ada opsi lebih praktis lagi yaitu tuas plus dapat ditarik Sebagai memindahkan gigi Ke atas dan didorong Sebagai pindah gigi Ke bawah hanya Bersama jari telunjuk. Cara ini membuat pengendara tak perlu melepaskan ibu jari Bersama setang, Agar dapat lebih kokoh memegang setang Ke Kelajuan tinggi.
Ke Gaya AT, pengendara dapat memilih Antara dua Inisiatif tersedia yang bisa diubah kapan saja Lewat tombol Gaya.
D+ Gaya menawarkan perpindahan gigi Gayaolahraga Bersama perpindahan gigi Ke putaran mesin yang lebih tinggi Sebagai menjaga sensasi berkendara sambil tetap menawarkan Kelebihan transmisi otomatis penuh.
Motorcycle.com menjelaskan Y-AMT bukan percobaan pertama Yamaha Berkreasi soal sistem perpindahan gigi otomatis. FJR1300 telah Mengintroduksi sistem Yamaha Chip Controlled Shift (YCC-S), yang menggunakan hidrolik Sebagai mengoperasikan kopling.
Sambil Itu Ke Y-AMT menggunakan dua aktuator elektrik, satu Sebagai mengendalikan kopling dan lainnya buat memindahkan poisi gigi.
Yamaha Mengungkapkan komponen fisik Y-AMT Memperoleh berat 2,8 kg dan dapat dipasang Ke Kendaraan Bermotor Roda Dua tanpa menambah lebar mesin. Kopling dan gearbox yang digunakan sama Bersama versi transmisi manual biasa.
Yamaha Automated Manual Transmission (Y-AMT). (Yamaha)
|
Hingga Pada Ini sudah ada beberapa produsen yang Mengintroduksi sistem serupa tapi memilih pendekatan berbeda. Dua merek Eropa misalnya, memperkenalkannya pertama kali Ke Kendaraan Bermotor Roda Dua Penjelajahan BMW R 1300 GS dan GS Adventure, serta prototipe buatan KTM yang diduga bakal dipakai Ke 1390 Super Adventure.
Yamaha Memutuskan pendekatan mirip Honda yang Mengintroduksi Ilmu Pengetahuan ini pertama kali Ke model sport aspal. Honda memasang E-Clutch Ke CBR650R dan CB650R.
Sedangkan Yamaha, berdasarkan ilustrasi setang dan sakelar yang ditunjukkan Pada Mengintroduksi Y-AMT mengindikasikan Ilmu Pengetahuan ini Berencana dipasang pertama kali Ke MT-09.
Beda Bersama Yamaha, KTM dan Honda mempertahankan tuas kopling dan pemindah gigi kaki Ke model otomatis mereka. Yamaha mengikuti jejak BMW yang menghilangkan kontrol kopling atau pemindah gigi tradisional.
[Gambas:Youtube]
Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Transmisi Mutakhir Kendaraan Bermotor Roda Dua Yamaha, Tak Ada Tuas Kopling Ganti Gigi Dipencet